Kamis, 27 November 2014

Tips Memilih Laptop Untuk Anak Kuliahan

Tidak ada komentar

Membeli laptop baru untuk kuliah bisa membuat kita jadi bingung karena di jaman sekarang ini begitu banyak pilihannya. bisa jadi kamu mempertimbangkan Ultrabook, notebook tipis seperti MacBook Air, atau Macbook Pro baru dengan Retina Display.

Sebelum kamu membuat keputusan, alangkah baiknya kamu periksa terlebih dahulu seperti apa program pendidikan yang kamu ambil dan biasanya memiliki persyaratan tertentu. barulah gunakan panduan dasar berbelanja ini untuk memulainya.


CPU

Dari semua komponen, CPU (Central Processing Unit) yang dikenal sebagai prosesor adalah yang memiliki dampak terbesar pada kecepatan laptop. semakin banyak core prosesor, maka semakin lebih beradaptasi dalam kemampuan multitasking. kebanyakan prosesor laptop secara umum menggunakan prosesor Intel atau AMD. untuk kebutuhan kuliah sehari-hari, kamu tidak perlu yang paling kuat dan powerfull, Intel Core i3, Core i5 atau AMD Phenom seharusnya sudah bisa memenuhi kebutuhanmu.

Operating System

Pilihannya tergantung dari pribadi masing-masing, dan jenis perangkat lunak yang ingin kamu gunakan. pilihan yang umum biasanya Microsoft Windows, ada juga Mac OS untuk Apple Macbook bagi yang menginginkan stabilitas, karena perangkat dengan OS menjadi satu bundling untuk produk apple. namun biasanya Microsoft Windows adalah yang paling umum digunakan karena bisa diinstal pada kebanyakan laptop yang berada di pasaran. Windows tersedia dalam versi yang berbeda, namun Windows 7 Home & Student edition juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk mahasiswa.

Memory (RAM)

kebanyakan laptop yang beredar dipasaran dilengkapi dengan RAM antara 2GB dan 8GB. jika kamu berencana untuk menggunakan laptop hanya untuk sekedar aktifitas biasa seperti mengirim e-mail, membaca artikel dan browsing, maka memori RAM sebesar 2GB seharusnya sudah cukup, namun jika kamu akan bekerja dengan file yang lebih besar atau untuk kenutuhan desain grafis, 4GB RAM atau lebih, nampaknya lebih ideal.

Hard Drive

Hard Drive / Harddisk adalah tempat dimana kamu menyimpan semua foto, dokumen, musik, dan film. sangat jelas tentunya bahwa setiap siswa memiliki kebutuhan penyimpanan yang berbeda. Sebuah Hard drive 200GB-250GB seharusnya sudah memenuhi kebutuhan sebagai mahasiswa. namun jika kamu membutuhkan penyimpanan yang lebih, kamu bisa mencari yang berkapasitas 500GB atau lebih. pilihan lainnya jika kamu masih terasa kurang cukup yaitu adalah membeli hard drive eksternal, bukan hanya menyediakan ruang penyimpanan tambahan tetapi juga portabel.

Ukuran dan Beratnya

Portabilitas merupakan faktor penting karena sebagian besar mahasiswa cenderung untuk membawa laptop mereka kekelas dan perpustakaan. maka carilah laptop yang beratnya tidak terlalu berat, semakin ringan maka membuat kehidupan kuliahmu jadi lebih mudah. mengenai ukuran layar adalah tergantung selera dari pribadi masing-masing, tapi untuk layar dalam kisaran 13 - 15 seharusnya sudah menjadi pilihan yang baik



Kartu Grafis

Untuk kebutuhan Kartu Grafis / VGA kembali lagi tergantung kebutuhan kamu, untuk keperluan kuliah saja atau untuk bermain games juga? atau kamu mengambil jurusan desain grafis? sepertinya kamu membutuhkan spesifikasi VGA yang powerfull